Sunday, January 4, 2009

Berteman Bencana

MASYARAKAT SADAR BENCANA

Benarkah bumi kita sudah tua ?
Semakin sering kita mendengar ungkapan kalimat diatas,sebenarnya semakin sering kita di ingatkan untuk mencintai bumi yang kita tinggali saat ini. Jika tidak ancaman atas kemurkaan bumi akan dapat di rasakan bersama seperti gempa bumi, banjir bandang, banjir rob,angin putting beliung,tanah longsor dan fenomena alam lainnya.

Semua kejadian bencana merupakan hasil perilaku manusia yang memacu dan membuat dampak terjadinya bencana alam. Seperti contoh kecil adalah kedisiplinan membuang sampah yang dapat berakibat banjir, Penebangan hutan secara liar yang dapat berakibat longsor kekeringan atau banjir bandang , Penggunaan tehnologi dan produksi yang tidak ramah lingkungan merupakan menyumbang percepatan terjadinya pemanasan global yang saat ini telah mulai kita rasakan.

Jika kita telah mulai membicarakan pemanasan global tentunya kita lebih mendalam untuk berupaya melakukan kampanye Pengurangan Resiko Bencana di tingkat rumah tangga masing-masing. Karena bencana bisa terjadi di mana saja dan kapan saja.
Baiklah untuk lebih terperinci tentang Pemanasan global klik di sini.( www.hiduplebihmulia.blogspot.com)

Ternyata sebuah pekerjaaan yang sangat besar untuk mencari sumber bencana dan berupaya memulai langkah-langkah pengurangan resiko bencananya ,karena kita akan lebih intensif dan bekerja keras melakukan upaya-upaya menghentikan pemanasan global.

Tentunya kita akan menghadapi sebuah perubahan gaya hidup yang lebih baik, cinta lingkungan,kembali ke alam…sementara telah berpuluh-puluh tahun kita dibawa pada sebuah gaya kehidupan yang saat ini di alami. Salah satu contoh kecil tapi besar dampaknya “mampukah kita mengajak setiap orang untuk minimal mengurangi makan daging atau bahkan berhenti makan daging??” jika menu daging telah menjadi bagian yang “harus “ di konsumsi setiap hari.
Atau kita harus banyakmengurangi penggunakan alat transportasi bermesin seperti mobil atau motor? Jika gaya hidup seseorang akan di nilai sukses jika mampu memiliki mobil /motor pribadi.

Dan masih banyak lagi!

Baiklah, sekecil apapun tindakan kita akan sangat berguna untuk menyelamatkan bumi! Namun yang jelas harus di mulai sekarang guna masa depan kehidupan anak cucu kita.


Salam Peduli, Maulanas.


0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More